A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 26

Backtrace:

File: /home/kesbangpolpelala/public_html/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 26
Function: _error_handler

File: /home/kesbangpolpelala/public_html/index.php
Line: 316
Function: require_once

RAPAT KOORDINASI TIM TERPADU DALAM RANGKA PERSIPAN PEMILU PILPRES/WAPRES DAN PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2019 KABUPATEN PELALAWAN | BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK KAB. PELALAWAN

BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK KAB. PELALAWAN

Jalan Pamong Praja Komp. Perkantoran Bhakti Praja No. 13

CERIA ( Cepat Efisien dan Efektif Ikhlas Akuntabel )

RAPAT KOORDINASI TIM TERPADU DALAM RANGKA PERSIPAN PEMILU PILPRES/WAPRES DAN PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2019 KABUPATEN PELALAWAN

Selasa, 16 April 2019 ~ Oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Pelalawan ~ Dilihat 240 Kali

RAPAT KOORDINASI TIM TERPADU DALAM RANGKA PERSIAPAN PEMILU PILPRES/WAPRES DAN PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2019 KABUPATEN PELALAWAN 


   

   Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Terpadu dalam rangka persiapan menghadapi Pemilu Presiden/Wakil Presiden dan Pemilu Legislatif Tahun 2019 yang difasilitasi oleh Pemerintah Daerah melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Pelalawan, Senin tanggal 08 April 2019 pukul 01.00 WIB bertempat di Ruang Auditorium Kantor Bupati Pelalawan.

   Hadir dalam Rakor tersebut antara lain Wakil Bupati Pelalawan, Sekretaris daerah Kab. Pelalawan, Kapolres Pelalawan, Dandim 0313/KPR, Asisten Administrasi Tata Pemerintahan, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Pelalawan, Kepala OPD/Instansi terkait, Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pelalawan, Ketua Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Pelalawan, Kabag Ops Polres Pelalawan, BINDA Posda Pelalawan, Kasat Intel Polres Pelalawan, Kapolsek se Kabupaten Pelalawan, Camat se Kabupaten Pelalawan, Jajaran TNI/Polri Kabupaten Pelalawan, Sekretaris Badan Kesbangpol Kab. Pelalawan dan Kabid/Kasubid Badan Kesbangpol Kabupaten Pelalawan.

   Dalam Rakor tersebut bertindak sebagai Moderator adalah Sekretaris Daerah Kab. Pelalawan Bapak Tengku Mukhlis menyampaikan bahwa rapat kali ini guna mencari solusi terhadap hal-hal yang berpotensi menganggu Pemilu yang juga dibahas dalam dua pertemuan sebelumnya.

Adapun dalam acara Rakor tersebut bertindak sebagai Narasumber adalah sebagai berikut :

  1. Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pelalawan
  2. Ketua Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Pelalawan

   Dalam penyampaian materi, Ketua KPUD Kabupaten Pelalawan menjelaskan telah menetapkan DPTP Tahap 3 Kabupaten Pelalawan yakni sebesar 210.765 pemilih, dan KPUD telah menerima logistik berupa surat suara sejumlah 1.061.602, surat suara kurang kirim sejumlah 22.967, surat suara rusak sejumlah 4.790.

   Lebih lanjut ketua KPUD Kabupaten Pelalawan menyampaikan Untuk kekurangan surat suara sudah dilaporkan ke KPU Provinsi dan akan segera dikirimkan kembali kekurangan surat suara tersebut, sementara untuk logistik sudah selesai melakukan pelipatan dan tinggal masuk ke dalam kotak menunggu kekurangan surat suara dan pada tanggal 12 April 2019 logistik pemilu sudah di distribusikan di seluruh kecamatan di kabupaten pelalawan.

   Ketua KPUD Pelalawan juga memaparkan data tentang Jumlah panitia Adhoc PPK sejumlah 60 Orang, PPS sejumlah 354 orang, KPPS sejumlah 6359 Orang dan Linmas sejumlah 1188 orang yang seluruhnya telah dilaksanakan pembekalan Bimtek. Diakhir penyampaian materinya ketua KPUD Pelalawan menjelaskan tentang Kendala utama yang dihadapi KPUD terkait pemilih yang belum atau baru melaksanakan perekaman E-KTP, dalam hal ini  KPUD terus berkoordinasi dengan Disdukcapil terkait permasalahan tersebut.

   Selain Ketua KPUD, Ketua Bawaslu juga memberikan materi dalam Rapat ini. Ketua Bawaslu menyampaikan dalam rangka kesiapan menuju pelaksanaan Pemilu Bawaslu telah membentuk pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) sejumlah 942 orang, pengawas Desa 118 orang, panwascam 36 orang dan telah diberikan pembekalan, Bimtek, dan rapat kerja dalam persiapan pelaksanaan pungut dan hitung serta saksi Parpol saat ini sejumlah 1793 orang.

   Lebih lanjut Ketua Bawaslu menjelaskan Pelanggaran dan penindakan terdapat 5 kasus hingga saat ini, terkait APK akan dilakukan penertiban apabila sudah masuk masa tenang. Diakhir materi ketua Bawaslu  menjelaskan  beberapa Potensi permasalahan yang diidentifikasi  antara lain TPS yang sulit dijangkau, penyampaian C6 yang tidak sesuai, terdapat perbedaan C-7 (daftar hadir) dengan jumlah surat suara yang digunakan, adanya pemilih terdaftar yang tidak membawa kartu identitas.

   Pada Rapat ini Kapolres Pelalawan juga memberikan sambutan yang intinya mengajak seluruh unsur penyelenggara Pemilu di daerah agar selalu berkoordinasi dan melaksanakan tugasnya sesuai dengan Tupoksi masing-masing, serta bersama TNI siap mengamankan jalannya pemilu 2019.

   Rapat ini ditutup dengan penyampaian wakil bupati pelalawan, Terkait pendistribusian surat suara meskipun KPU telah mempersiapkan jadwal namun juga harus diperhitungkan resikonya. Selain itu wakil bupati menyampaikan bahwa Disdukcapil untuk senantiasa berkoordinasi dengan KPUD setiap adanya perubahan data, guna mengetahui sebaran pemilih.   

Rapat Tim Terpadu yang difasilitasi oleh Badan Kesatuan bangsa dan Politik, bertujuan agar persiapan dan pelaksanaan pemilu di kabupaten pelalawan berjalan dengan aman dan kondusif.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT